Senin, 11 Januari 2010

Mobile Internet Protokol

Mobile Internet Protokol (MIP) mempunyai beberapa karakteristik yang berhubungan dengan kemampuannya dalam mendukung node mobility. Karakteristik tersebut diantaranya adalah :

a. Tidak ada batasan geografis.

b. Tidak ada hubungan fisik yang diperlukan.

c. Support keamanan.

Arsitektur Mobile IP



Karakteristik Mobile IP

Terdapat beberapa entitas baru yang mendukung karakteristik MIP yaitu :

· Mobile Node (MN)

Merupakan sebuah node yang melakukan perpindahan posisi dari sebuah jaringan ke jaringan lain tanpa mengubah IP addressnya dan masih tetap dapat tehubung dengan Correspondent Node . MN juga dapat berkomunikasi dengan node lain yang berada pada suatu lokasi tertentu dengan menggunakan alamat IP (konstan).

· Correspondent Node (CN)

Sebuah node yang melakukan komunikasi dengan mobile node. CN dapat berfungsi sebagai MN ataupun Stationary Node.

· Home Agent (HA)

Sebuah router pada Home Network yang dapat mengirimkan paket data untuk MN saatber pindah dari asalnya dan juga memelihara informasi lokasi dari MN.

· Foreign Agent (FA)

Sebuah router pada sebuah network yang berfungsi seperti Home Agent.

· Access Point (AP)

Sebuah akses entiti Lapis 2 (L2) yang berfungsi menyediakan sebuah hubungan antara MN dan L2 wireless link.

· Care-of-address(COA)

Alamat yang mengidentifikasikan lokasi MN terkini. Terdapat dua jenis COA :

1. Foreign agent care-of address

Ini sebuah COA yang disediakan oleh FA. Merupakan alamat IP dari FA itu sendiri. MN menyimpan alamat aslinya, dalam kasus ini manajemen alamat IP lebih mudah selama alamat baru tidak diperlukan untuk mobile node.

2. Co-located care-of address

Ini adalah alamat jaringan di foreign network diberikan ke MN langsung menggunakan mekanisme DHCP. Dalam kasus ini MN bertindak sebagaiFA nya sendiri ketika diperlukan, sehingga memudahkan operasi dari foreign network. Dengan kata lain siapa cepat dia dapat alamat IP di foreign network.

· Tunnel

Jalur yang diambil oleh paket yang terenkapsulasi yang mengarahkan paket dari HA ke MN.

· Agent Advertisement (AA)

Pesan advertise (pemberitahuan) yang dibangun melalui ekstensi khusus dalam sebuah pesan advertise router yang berisi informasi bagi MN untuk terhubung ke Mobility Agent.




Beberapa layanan yang mendukung MIP adalah :

a. Agent Solicitation

Permintaan/permohonan kiriman iklan layanan dari HA, FA dan access point oleh MN yang berisi permintaan link ketika mendeteksi adanya paket yang hilang tetapi masih memiliki COA yang valid.

b. Registration

Ketika MN menjauhi HA, MN akan register ke HA dengan COA yang dimiliki, sehingga HA dapat mengetahui lokasi terbaru MN dan dapat mengirimkan paket data.

c. Enkapsulasi

Proses penumpangan IP datagram dengan header IP lain yang berisi COA (alamat sementara) pada MN. IP datagram tetap utuh dan tidak tersentuh seluruhnya saat penumpangan.

d. Dekapsulasi
Proses pemisahan header IP terluar pada paket yang datang, sehingga datagram yang ditumpangkan itu dapat diakses kembali dan dapat dikirimkan ke tujuan yang sebenarnya. Dekapsulisasi adalah kebalikan dari proses enkapsulasi.




Operasi Mobile IP

Ketika pertukaran paket IP (pada IPv4) saat server X mentransmisikan paket untuk mobile node (MN) :

· Saat MN berada di home network (HN) maka home agent (HA) akan mengirimkan sebuah advertise.

· Saat MN masih berada di HN maka paket akan langsung dikirimkan dengan home addres-nya di header, sehingga paket akan di rutekan ke home network A.

· Saat MN bergerak ke arah foreign network (FN) maka MN terlebih dahulu akan mengirimkan request register untuk menunjukkan keberadaan MN di FN, kemudian foreign agent (FA) akan melaporkan ke HA tentang keberadaan MN melalui CoA, lalu HA akan membalasnya ke FA dengan agentsolicitation sebagai bukti bahwa CoA sudah diterima di HA, setelah itu FA akan membalas ke MN dengan request replay sebagai bukti bahwa MN sudah dapat berkomunikasi di daerah FN.

· Saat server x mengirimkan paket maka paket akan dikirimkan ke HA sesuai dengan home addres-nya, kemudian HA akan melakukan proses enkapsulasi (penumpangan IP datagram dengan header IP lain yang berisikan CoA pada MN, IP datagram MN lama masih utuh saat proses penumpangan) kemudianpaket akan dikirimkan ke FA berdasarkan alamat CoA dari MN saat ini.

· Setelah paket sampai di FA, kemudian FA akan melakukan proses dekapsulasi yaitu membuang header IP terluar (pemisahan header terluar) dan memforward paket ke MN melalui FN (IP MN tidak berubah, juga data header pada paket menunjukkan IP di HA tidakberubah sesuai paket yang dikirimkan oleh server X). FA dan MN harus dapat saling berkomunikasi untuk mekanismealamat yang baru selama MN masih berada di daerah network B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar