Senin, 11 Januari 2010

Akses Papan Informasi Dot Matrix Melalui Web dan Jaringan GPRS Telepon Selular

Kebutuhan akan akses suatu piranti secara jarak jauh adalah sangat mungkin direalisasikan dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan frekuensi radio ataupun inframerah. Dengan tersedianya jaringan telpon seluler dan Internet, maka memungkinkan pula media ini digunakan untuk kendali jarak jauh. Beberapa pemanfaatan kendali via web atau telepon seluler telah dilakukan sebelumnya dan menunjukan hasil yang prospektif [1] [2]. Dalam penelitian ini dibangun sistem akses jarak jauh yang dikendalikan baik lewat Web maupun lewat jaringan GPRS telepon selular (mobile internet) untuk mengakses sistem papan informasi dot matrix. Papan dot matrix yang diwakili dengan LCD dapat diakses secara jarak jauh untuk pengisian teks kalimat yang akan ditampilkan pada papan informasi tersebut.

WAP adalah suatu protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses oleh ponsel dan perangkat wireless lainnya. WAP membawa informasi secara online melewati internet langsung menuju ke ponsel atau client WAP lainnya. Dengan adanya WAP, berbagai informasi dapat diakses setiap saat hanya dengan menggunakan ponsel.
Cara kerja WAP hampir sama dengan cara kerja internet saat ini. Dibutuhkan WAP Gateway untuk menjembatani ponsel dengan internet dalam mengirim dan menerima data. Hal ini sama halnya dengan pengguna komputer yang membutuhkan ISP (Internet Service Provider) sebagai gateway dalam menjembatani komputer dengan internet. Disamping itu, ponsel yang digunakan juga harus WAP-enabled, yaitu sudah dilengkapi dengan teknologi WAP yang bisa digunakan untuk mengakses internet.


Mikrokontroler AT89S51
Mikrokontroler AT89S51 adalah mikrokontroler CMOS 8-bit dengan 4K byte In-System Pro¬grammable Flash Memory. Mikrokontroler AT89S51 memiliki fitur-fitur sebagai berikut:
1. 8 bit CMOS mikrokomputer
2. 4K bytes In-System Programming Flash Memory
3. 128 bytes internal RAM
4. 32 jalur input-output
5. Watchdog Timer
6. Dua pointer data
7. Dua 16-bit timer/counter
8. Memiliki arsitektur lima two-level vector interrupt
9. Sepasang full duplex serial port
10. On chip oscillator
11. Clock circuĆ¼ry
12. Pemrograman ISP yang fleksibel


Hardware Sistem
Bagian hardware adalah bagian yang menerima input dari server melalui komunikasi serial meng¬gunakan RS 232, memprosesnya dan menampil¬kannya pada LCD dot matrix 16 karakter x 2 baris. Server mengendalikan hardware LCD ini dengan menggunakan program exe yang dibangun dengan bahasa C (pesan.exe).



Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain:
1. Sistem yang telah dibuat dapat menampilkan informasi sesuai dengan yang dikirimkan, dimana sistem dapat diakses melalui web dan mobile internet. Untuk pengaksesan melalui web dapat digunakan web browser (Internet Explorer), dan untuk pengaksesan melalui mobile internet dapat digunakan handphone dengan fasilitas WAP dan WAP Emulator.
2. Fasilitas keamanan berupa password mengguna¬kan session dapat berjalan dengan baik.
3. Bahasa PHP, C, HTML, dan WML dapat saling mendukung dalam pembuatan sistem akses papan informasi LCD dot matrix melalui web dan mobile internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar